STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.   Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran.. Susunan matapelajaran tersebut terbagqi dalam lima kelompok yaitu kelopok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kewaganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan tekhnologi; esttetika; jasmani olahraga dan kesehatan.
Struktur kurikulum SD Negeri Pohsangit Kidul  2 Kota Probolinggo meliputi substansi pembelajaran yang ditemouh dalam satu jenjang pendidikan slelama enam tahun dari kelas satu sampai kelas enam
Struktu kurikulum SD Negeri Pohsangit Kidul  2 Kota Probolinggo disusun berdasarkan standar isi dan standar kompetensi lulusan, yaitu sebagai berikut:
a. Kurkulum SD Negeri Pohsangit Kidul  2 Kota Probolinggo memuat delapan mata pelajaran, muatan local dan pengembangan diri
b. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IPA terpadu” dan “IPS Terpadu”           
c. Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaskanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d.  Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. SD Negeri Pohsangit Kidul  2 Kota Probolinggo menambah 4 jam pembelajaran secara keseluruhan.
e. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit
f. Minggu efektif dalam satu tahun pembelajaran ( 2 Semester ) adalah 36 minggu
STRUKUTUR KURIKULUM SD NEGERI POHSANGIT KIDUL 2

No
Kelompok
Alokasi Waktu KURIKULUM  SD
Kelas
1
2
3
4
5
6
A
Mata Pelajaran






1
Pendidikan Agama
3
3
3
3
3
3
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
6
6
6
8
8
8
4
Matematika
6
6
6
6
6
6
5
Ilmu Pengetahuan Alam
3
3
3
4
4
4
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
3
3
3
4
4
4
7
Seni Budaya dan Keterampilan
2
2
2
4
4
4
8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3
3
3
3
3
3
B
Mulok







a. Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2

b. Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2

c.






C
Pengembangan Diri







    a. Agama

1

1

1

1

1

1


b. Pendidikan jasmani, Olah

Raga dan kesehatan

1

1

1

1

1

1


Jumlah

32

32

32

36

36

36

*)  Ekuivalen 2 jam pembelajaran

B. Muatan Kurikulum
  1. Mata Pelajaran
1.1  Pendidikan Agama Islam (bagi yang muslim)
Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Pohsangit Kidul 2 bertujuan untuk :
·      Menumbuh Kmbangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman, peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·      Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragam dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktifitas, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjadi keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

1.2   Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran kependidikan Kewarganegaraan bertujuan agar  peserta     didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·      Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
·      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi.
·      Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter–karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama – sama dengan bangsa lain.
·      Berinteraksi dengan bangsa–bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

1.3  Bahasa Indonesia
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut  :
·      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
·      Menghargai dan  bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa.
·      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
·      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional, dan sosial.
·      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
·      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

1.4  Matematika
Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau aritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam memecahkan masalah.
·      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan, dan pertanyaan matematika.
·      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
·      Mengkomonikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
·      Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

1.5  IPA
Mata pelajaran IPA di SD Negeri Pohsangit Kidul  2  bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaannya.
·      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.
·      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antar IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
·      Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
·      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
·      Memperoleh bekal pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

1.6  IPS
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·      Mengenal konsep–konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
·      Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
·      Memiliki kemampuan komunikasi, bekerjasama, dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional dan global.
 
1.7  Seni Budaya dan Keterampilan
Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·      Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
·      Menampilkan satu sikap apresiasi terhadap seni budaya  dan keterampilan.
·      Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

1.8  Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·      Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
·      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
·      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
·      Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internasional nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
·      Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis.
·      Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.
·      Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
 
  1. Muatan Lokal
Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provimsi Jawa Timur No. 188/KTS/013/2005, maka SD Negeri Pohsangit Kidul  2 menetapkan Bahasa Jawa sebagai Muatan Lokal Wajib. Disamping itu SD Negeri Pohsangit Kidul  2 dengan pertimbangan kota probolinggo sebagai kota transit, maka ditetapkan bahasa Inggris sebagai muatan lokal pilihan.  

2.1  Bahasa Jawa
Mata pelajaran Bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·      Menghargai dan membanggakan bahasa jawa sebagai bahasa daerah, berkewajiban mengembangkan serta melestarikan.
·      Memahami bahasa jawa dari segi bentuk, makna, dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam–macam tujuan, keperluan, dan keadaan, misalnya : di sekolah, di rumah, di masyarakat dengan baik dan benar.
·      Memiliki kemampuan menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar, untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan intelektual (berpikir kreatif, menggunakan akal sehat, menerapkan kemampuan yang berguna menggeluti konsep abstrak), memecahkan masalah, kematangan emosional dan social.
·      Bersikap lebih positif dalam tata kehidupan sehari–hari dalam lingkungannya.

 2.2  Bahasa Inggris
Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut  :
·      Memiliki kemampuan mendengar/menyimak, berbicara, menulis, dan   membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosakata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah dalam tingkat kelas IV, V, VI.
·      Memiliki keterampilan mendengarkan, menyimak, berbicara, menulis dan membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosakata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah dalam tingkat kelas SLTP.

  1. Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan pengembangan diri diberikan kepada peserta didik dengan tujuan untuk memberikan kesempatan mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minatnya sesuai dengan kondisi sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Karena itu, SD Negeri Pohsangit Kidul  2 menetapkan jenis pengembangan diri yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2010/2011 adalah sebagai berikut :

3.1               Kewiraan
a.    Pramuka
Diberikan mulai kelas III sampai kelas VI seminggu sekali .
b.   Kegiatan Les
     Diberikan kepada murid kelas I dan II dengan maksud untuk melatih  siswa dalam meningkatkan mutu membaca di kelas rendah, teruma bagi siswa yang mempunyai kendala dalam membaca

3.2               Olahraga
a.  Sepak bola mini
Diberikan kepada murid mulai kelas IV dan V seminggu sekali.
b.   Bola Voli mini
      Diberikan kepada murid mulai kelas III sampai dengan kelas VI.
c.   Sepak Takrow
      Diberikan kepada  murid mulai kelas III sampai dengan kelas VI 
d.   Atletik  
      Diberikan kepada  murid mulai kelas I sampai dengan kelas VI  
e.   Renang  
      Diberikan kepada  murid mulai kelas III sampai dengan kelas VI 

3.3               Seni
      a.  Seni lukis, diberikan kepada murid kelas I sampai kelas VI.
      b.  Sen tari , diberikan kepada murid kelas I sampai kelas VI.

Catatan      :
1.  Setiap murid kelas III sampai Kelas VI wajib mengikuti kegiatan pramuka sesuai dengan jadwal yang diatur kemudian.
      2.   Setiap murid minimal mengikuti satu jenis pengembangan diri ( selain
            pramuka ) sesuai dengan bakat dan minat yang dimliki.
 

  1. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum, yaitu :

Kelas
Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka/ Menit
Jumlah Jam Pembelajaran per  Minggu
Minggu Efektif    Per-tahun Pelajaran
Waktu Pembelajaran/Jam Per-tahun
I
35
32
36
1080
II
35
32
36
1116
III
35
32
36
           1152
IV
35
36
36
           1296
V
35
36
36
           1296
 VI
35
36
33
1188














                       






Selain beban belajar tatap muka, SD Negeri Pohsangit Kidul  2 juga memperhitungkan beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dengan ketentuan sebagai berikut :
             Waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik maksimum 40 % dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.

Penugasan terstruktur adalah kegitan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesain penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik. Misalnya, pemebrian tugas dari guru kepada peserta didik utuk mengerjakan lembar kerja siswa (LKS), mengerjakan soal-soal buatan guru dad sebagainya.
Penugasan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pemdalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik. Misalnya, pemebrian tugas dari guru kepada peserta didik untuk membaca dan mengerjkan topic tertentu dari berbagai sumber belajarj yang bisa dipilih secara bebas dan dikumpulkan sesuai dengan kemampuan/ kecepatan siswa.
                        
  1. Ketuntasan Belajar
Berdasarkan Permendiknas No. 20/2007 dan Petunjuk Penilaian di sekolah dasar, maka SD Negeri Pohsangit Kidul  2 dalam menentukan criteria ketuntasan minimal mempertimbangkan 3 aspek yaitu: Intake, daya dukung dan klompeksitas.
Adapun criteria ketuntasan minimal yang dijadikan pedoman penilaian pada tahun pelajaran 2010/2011 sebagai berikut:

5.1         Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


No
Mata Pelajaran
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Angka
Huruf

A.
Mata Pelajaran

1
Pendidikan Agama
70
Tujuh Puluh

2
Pendidikan Kewarganegaraan
65
Enam Puluh Lima

3
Bahasa Indonesia
65
Enam Puluh Lima

4
Matematika
60
Enam Puluh

5
Ilmu Pengetahuan Alam
65
Enam Puluh Lima

6
Ilmu Pengetahuan Sosial
60
Enam Puluh

7
Seni Budaya dan Keterampilan
70
Tujuh Puluh

8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
Tujuh Puluh

B
Mulok




a. Bahasa Jawa
60
Enam Puluh


b. Bahasa Inggris
60
Enam Puluh


c.

-

  

















  
5.2          Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas II

No
Mata Pelajaran
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Angka
Huruf

A.
Mata Pelajaran

1
Pendidikan Agama
70
Tujuh Puluh

2
Pendidikan Kewarganegaraan
65
Enam Puluh Lima

3
Bahasa Indonesia
65
Enam Puluh Lima

4
Matematika
60
Enam Puluh

5
Ilmu Pengetahuan Alam
65
Enam Puluh Lima

6
Ilmu Pengetahuan Sosial
60
Enam Puluh

7
Seni Budaya dan Keterampilan
70
Tujuh Puluh

8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
Tujuh Puluh

B
Mulok




a. Bahasa Jawa
60
Enam Puluh


b. Bahasa Inggris
60
Enam Puluh


c.

-

















5.3         Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas III

No
Mata Pelajaran
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Angka
Huruf

A.
Mata Pelajaran

1
Pendidikan Agama
70
Tujuh Puluh

2
Pendidikan Kewarganegaraan
65
Enam Puluh Lima

3
Bahasa Indonesia
65
Enam Puluh Lima

4
Matematika
60
Enam Puluh

5
Ilmu Pengetahuan Alam
65
Enam Puluh Lima

6
Ilmu Pengetahuan Sosial
60
Enam Puluh

7
Seni Budaya dan Keterampilan
70
Tujuh Puluh

8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
Tujuh Puluh

B
Mulok




a. Bahasa Jawa
60
Enam Puluh


b. Bahasa Inggris
60
Enam Puluh


c.

-



















 
5.4         Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas IV

No
Mata Pelajaran
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Angka
Huruf

A.
Mata Pelajaran

1
Pendidikan Agama
70
Tujuh Puluh

2
Pendidikan Kewarganegaraan
65
Enam Puluh Lima

3
Bahasa Indonesia
65
Enam Puluh Lima

4
Matematika
60
Enam Puluh

5
Ilmu Pengetahuan Alam
65
Enam Puluh Lima

6
Ilmu Pengetahuan Sosial
60
Enam Puluh

7
Seni Budaya dan Keterampilan
70
Tujuh Puluh

8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
Tujuh Puluh

B
Mulok




a. Bahasa Jawa
60
Enam Puluh


b. Bahasa Inggris
60
Enam Puluh


c.

-




















 5.5         Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas V

No
Mata Pelajaran
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Angka
Huruf

A.
Mata Pelajaran

1
Pendidikan Agama
70
Tujuh Puluh

2
Pendidikan Kewarganegaraan
65
Enam Puluh Lima

3
Bahasa Indonesia
65
Enam Puluh Lima

4
Matematika
60
Enam Puluh

5
Ilmu Pengetahuan Alam
65
Enam Puluh Lima

6
Ilmu Pengetahuan Sosial
60
Enam Puluh

7
Seni Budaya dan Keterampilan
70
Tujuh Puluh

8
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
Tujuh Puluh

B
Mulok




a. Bahasa Jawa
60
Enam Puluh


b. Bahasa Inggris
60
Enam Puluh


c.

-



















 
  1. Kriteria Kenaikan Kelas 
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan kriteria sebagai berikut :
a.       Telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
b.      Nilai yang belum tuntas atau di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal  (KKM) maksimal 1 ( satu ) mata pelajaran.
c.       Nilai mata pelajaran agama, Bahasa Indonesia dan PKN harus memenuhi KKM ( tuntas ).
d.      Memiliki budi pekerti yang luhur dan berakhlak mulia.( nilai kepribadian minimal baik)
Untuk siswa yang tidak naik kelas, SD Negeri Pohsangit Kidul 2 langkah / kebijakan sebagai berikut :
b.      Memberikan perhatian khusus dan bimbingan belajar yang lebih optimal

  1. Kriteria Kelulusan
Kriteria kelulusan  :
a.       Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
b.      Memperoleh nilai minimal BAIK untuk seluruh kelompok mata pelajaran :
      Agama dan akhlaq mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, Jasmani, Olahraga dan kesehatan.
c.       Lulus Ujian Sekolah/Madrasah.
d.      Lulus Ujian Nasional untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk siswa yang tidak lulus, SD Negeri Pohsangit Kidul 2 mengambil langkah/kebijakan sebagai berikut :
a.       Memberi kesempatan untuk mengulang di kelas enam  
b.      Memberikan perhatian khusus dan bimbingan belajar yang lebih optimal

  1. Mutasi Siswa
Mutasi peserta didik dari sekolah asal menuju SD Negeri Pohsangit Kidul 2 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a         Memiliki surat pengantar dari kepala sekolah asal.
b        Membawa rapor asli.
c         Nilai semua mata pelajaran harus memenuhi KKM ( tuntas ).
d        Memiliki budi pekerti yang luhur dan berakhlak mulia yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah asal.
e         Membawa surat keterangan  alasan pindah sekolah.
f          Memiliki surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota/Kab
g         Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

  1. Pendidikan kecakapan hidup (Educational LifeSkill)
Pendidikan kecakapan hidup yang dilaksanakan di SD Negeri Pohsangit Kidul 2 meliputi :
a         Keterampilan personal (Personal Skill)
b        Keterampilan Sosial (Social Skill)
c         Keterampilan akademik (Academic Skill)
d        Keterampilan berfikir (Thingking Skill)
e         Keterampilan vokasional (Vocational Skill)
  1. Pendidikan berbasis  lokal dan global
 Pendidikan berbasis lokal di SD Negeri Pohsangit Kidul 2 secara integral dengan mata pelajaran seni budaya & Keterampilan (SBK). Sedangkan pendidikan berbasis global berupa pengenalan teknologi informasi komputer dan internet.
Elementary School Pohsangit Kidul 2 Probolinggo City - East Java.
All rights reserved - © 2011

|
Theme by Onizukartz

Wellcome

Untuk tampilan maksimal
silakan menggunakan browser yang support

CSS3
(* chrome dan safari *)
For best appearance,
use a browser that supports CSS3
Info